PENCANANGAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT (BBGRM) XVII DAN PERINGATAN HARI KESATUAN GERAK (HKG) PKK KE 47 TINGKAT KABUPATEN REMBANG TAHUN 2019

Dalam rangka memperkuat integrasisosial dan integrasi bangsa dalam memperkokoh NKRI melalui pendayagunaan dan pelestarian nilai-nilai gotong royong masyarakat yang telah tumbuh, berkembang dan mengakar dalam kehidupan masyarakat sebagai bagian dari nilai budaya bangsa perlu menggelorakan kembali semangat kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mempunyai peranan penting mendukung proses pembangunan nasional. Gerakan PKK juga merupakan wadah aktifitas social kemasyarakatan yang mengarah kepada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebihmaju, bahagia sehat dan sejahtera.

Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang ke XVI dan Peringatan Hari KesatuanGerak (HKG) PKK ke 47 merupakan upaya untuk lebih menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan khususnya peningkatan kesejahteraan keluarga.

Kegiatan ini melibatkan berbagai sektor terkait, karena melaui pelaksanaan program yang melibatkan gotong royong masyarakat desa, akan dapat mengakslerasi pembangunan berbagai prasarana dan sarana untuk memenuhi kebutuhan warga desa. Keberhasilan pelaksanaan program ini yang di pusatkan di Kabupaten Rembang, dapat menjadi model bagi daerah lain dalam melaksanakan program pembangunan yang diprioritaskan lokasinya pada desa-desa tertentu dengan menggunakan sistem gotong royong masyarakat.

Sejalan dengan implementasi UU no. 6 Tahun 2014 tentang Desa, Negara mengakui dan  dan menghormati kewenangan yang dimiliki oleh Desa. Gotong royong merupakan modal sosial yang sangat strategis dan masih berkembang dan perlu dipertahankan terutama untuk percepatan implementasi  UU Desa guna membangun masyarakat yang berpemerintahan (Self Governing Community) guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera, kuat, maju, demokratis dan tanpa meninggalkan jati diri.

Pelaksanaan program ini tetap mengutamakan peran aktif dan gotong royong masyarakat, karena melalui peran aktif masyarakat akan tercipta rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat dalam melaksanakan dan memelihara hasil-hasil pembangunan. Sedangkan Pemerintah dan Pemerintah Kabupaten lebih berperan memfasilitasi.

Bertolak dari kenyataan ini perlu upaya untuk terus menumbuhkan kesadaran masyarakat  akan pentingnya semangat gotong royong, salah satunya dengan mendukung Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK .

Salah satu point yang menjadi titik perhatian adalah kegotongroyongan masyarakat Kabupaten Rembang yang harus ditingkatkan.  Nilai-nilai gotong royong yang tumbuh dan berkembang di masyarakat adalah bagian dari system nilai budaya bangsa, yang perlu dilestarikan secara berdaya guna dan berhasil guna, dalam mendukung “Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari serta Rembang Madani. 

  1. MAKSUD

Maksud diselenggarakannya kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019 adalah untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan.

  • TUJUAN

Tujuan diadakannya kegiatan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019 adalah sebagai berikut :

  • Menjaga dan melestarikan budaya bangsa.
    • Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.
      • Meningkatkatkan rasa memiliki dan rasa tanggungjawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.
        • Memasyarakatkan Gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prisip dari, oleh dan untuk masyarakat yang sudah dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air.
        • Meningkatkan pemahaman segenap jajaran Tim Penggerak PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, tujuan, program dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan menngkatkan kesejahteraan keluarga.
        • Meningkatkan motivasi dan kesadaran anggota TP. PKK dan Kader PKK serta masyarakat untuk lebih tau, mau dan mampu melaksanakan program-program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan PKK

Tema BBGRM adalah Lanjutkan Gotong Royong Tuntaskan Kemiskinan

Tema HKG adalah “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengan Program Pemerintah

Peringatan kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIV dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 Kabupaten Rembang Tahun 2019 sebanyak 850 orang ,terdiri dari:

  1. Sasaran HKG 550 orang
  2. Sasaran BBGRM  300 orang

Adapun Peserta berasal dari Unsur :

  1. Forkopinda Kabupaten Rembang
  2. OPD terkait                                                 
  3. TP. PKK Kab. Rembang                            
  4. Camat se Kabupaten Rembang                                                         
  5. Ka. TP. PKK Kecamatan se Kabupaten Rembang                          
  6. Kepala Desa se Kab. Rembang                       
  7. Ka. TP. PKK Desa se Kab. Rembang
  8. Penerima Hadiah Lomba HKG 
  9. Penerima Hadiah Lomba Posyandu                                                              
  10. Toga/Toma
  11. Masyarakat Desa Sendang Agung Kec. Pamotan            
  12. Dinas Instansi Kecamatan Pamotan               

Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan HKG PKK ke 47 tingkat Kabupaten Rembang Tahun 2019 dilaksanakan pada :

Hari             : Selasa

Tanggal    : 30 April 2019

Pukul          : 08.00 WIB – selesai

Tempat     : Lapangan Desa Sendang Agung

                  Kecamatan Pamotan

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *