Forum BUMDesa Kabupaten Rembang Raih Juara Terbaik II Tingkat Jawa Tengah

Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) kembali mengukir prestasi. Kali ini diajang Bursa Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bursa BUM Desa) Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diadakan di Lapangan Desa Plumbon Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tanggal 8-9 April 2019. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memeriahkan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) XVI dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) Ke-47 Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dalam kegiatan ini Kabupaten Rembang meraih Juara Terbaik II Stand BUM Desa/BKM.

Forum BUM Desa Kabupaten Rembang diwakili oleh ketiga juara lomba BUM Desa Tingkat Kabupaten Rembang yang telah dilaksanakan tgl 20 Maret – 2 April 2019. Ketiga juara tersebut adalah BUM Desa Abimantrana Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang, BUM Desa Barokah Jaya Desa Lodan Kulon Kecamatan Sarang dan BUM Desa Mumpuni Desa Tegaldowo Kecamatan Gunem. Ketiga BUM Desa menampilkan produk khas desa masing-masing diantaranya BUM Desa Punjulharjo membawa aneka oleh-oleh khas Pantai Karangjahe, terasi rebon, manisan krai, dan kopi lelet. BUM Desa Barokah Jaya membawa beras super berkualitas dan dijual dengan harga merakyat yaitu Rp 9000,-/kg. Alhasil beras tersebut laris manis diserbu pengunjung terutama para masyarakat Desa Plumbon. Selain itu BUM Desa Barokah Jaya juga membawa aneka camilan seperti kacang goreng, marneng, dan keripik tempe. BUM Desa Mumpuni menyajikan minuman kopi gratis khas Djoglo Coffe Tegaldowo untuk para pengunjung stand. Selain itu BUM Desa Mumpuni juga menampilkan produk inovatif yaitu minuman serbuk Mr Siwalan dan makanan khas Gunem yaitu Kaoya Dudul.

Tim penilai mengadakan penilaian obyektif dalam pengamatan, wawancara, kunjungan lapangan serta penelitian data dukung lainnya berdasarkan pada instrumen penilaian meliputi dekorasi stand, materi yang ditampilkan meliputi profil BUM Desa, produk unggulan, daftar pengunjung, rekap transaksi penjualan, dsb. Adapun hasil keseluruhan juara stand terbaik dan terfavorit adalah sebagai berikut :

No BUM Desa, BUMADes, Forum BUM Desa, BKM Kategori Nilai
1. Forum BUM Desa Kab. Kebumen Terbaik I 690
2. Forum BUM Desa Kab. Rembang Terbaik II 665
3. Forum BUM Desa Kab. Banyumas Terbaik III 653
4. Forum BUM Desa Kab. Temanggung Terbaik IV 652
5. Forum BUM Desa Kab. Kendal Terbaik V 650
6. BUJM Desa Maju Rahayu Desa Jatirunggo, Kec Pringapus, Kab. Semarang Juara Favorit 671

Kepala Dinpermades Kabupaten Rembang, H. Sulistiyono, AP, M.Si memberikan dukungan yang sangat luar biasa dalam pelaksanaan Bursa BUM Desa. Di sela-sela kesibukan dan padatnya acara di Kabupaten Rembang, Beliau meyempatkan hadir ke Desa Plumbon Kabupaten Semarang untuk mengunjungi stand Bum Desa pada pukul 20.00 WIB. Beliau mengapresiasi semangat dan kerja keras ketiga BUM Desa dalam menyajikan profil dan produk unggulan selama bursa berlangsung.

Dengan prestasi ini, Pemerintah Kabupaten Rembang berharap agar prestasi yang diraih dapat terus ditingkatkan. Selain itu, BUM Desa di seluruh Kabupaten Rembang dapat terus meningkatkan kualitas secara administrasi dan terus berinovasi mengembangkan unit-unit usaha berbasis potensi lokal desa.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *